muzhof.com | Starup atau yang biasa dipahami adalah memulai organisasi baru atau usaha bisnis. Starup sendiri merupakan serapan dari bahasa inggris. Menurut om wiki, starup merujuk pada usaha yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan yang baru berdiri ini biasanya masih berada dalam pengembangan dan mencari pasar yang tepat.

Nah, banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat tentang starup ini guys. Lalu apa saja itu

1. Harus punya investor

Mitos atau fakta starup itu harus punya investor? Hayo tebak!

Banyak yang beranggapan kalau ingin membangun perusahaan besar maka harus punya investor. Tapi, faktanya banyak perusahan starup bisa menjadi  besar karena mereka membangun bisnisnya dengan inovasi bisnis model dan ditopang oleh tim yang kuat. Kira-kira lebih bagus mana perusahaan dengan investor atau mandiri? hehe

2. Orang yang tak lulus kuliah bisa sukses bangun starup

Orang-orang berpikir bahwa yang gak lulus aja bisa bangun starup, makanya ngapain kuliah? Faktanya lulus atau gak lulus kuliah itu bukan urusan untuk membangun starup yang sukses. Memang banyak orang yang gak lulus kuliah bisa membangun starup, tapi banyak juga yang lulus kuliah bisa melakukan hal yang sama.

Dalam membangun starup masalahnya bukan di kuliahnya. Tapi, pada pribadi orangnya. Orang yang pantang menyerah, ulet dan terus ingin belajar pasti akan bisa membangun starup yang sukses.

3. Fokus pada dana

Mitos yang ketiga ini lagi-lagi tentang dana. Memang sih dana selalu menjadi peran utama dalam membangun, tapi apakah benar seperti itu?

Padahal dana bukanlah hal utama yang menentukan bagi kesuksesan sebuah starup. Banyak faktor yang menentukan suksesnya starup. Salah satu yang terpenting adalah bisnis model. Ketika founder memiliki bisnis model yang bagus, maka dana akan datang dengan sendirinya. Inovasinya yang harus terus dilakukan adalah pada bisnis modelnya bukan hanya produknya.

Baca Juga:  Gak Usah Minder Meski Baru Reseller

4. Membangun starup akan memiliki banyak waktu luang

Jika Anda berpikir demikian sebaiknya pertimbangkan kembali. Karena pada kenyataannya membangun starup itu akan menguras banyak waktu dan tenaga. Bahkan lebih banyak waktu daripada jam kerja, sampai-sampai mereka rela tidak tidur untuk membangun starupnya.

Bagaimana menurut Anda?

Sekarang udah tahu kan 4 mitos dan fakta tentang starup. Kalo udah tahu, ayo kita bangun starup untuk Indonesia lebih maju.

Salam berbagi

Mudzoffar Hasan