Kali ini saya mau sharing nih ke kamu tentang bagaimana caranya agar kita bisa lancar berbicara di depan banyak orang/di depan umum.

Jika di depan 2,3 atau 5 orang sih mungkin banyak orang menganggap ini bukan sebagai suatu masalah. Tapi kalau di depan 20, 50.. 100.. 300.. 500.. Orang gimana?

Gugup? Gemeter? Pengen Kabur? Bibir mulai gak karuan?

Nah, Mungkin ada 2 tipe gaya pembicara didepan umum:

1. Orator, dia akan berbicara “kita, kita kta!”
2. Pendongeng, dia akan berbicara “Saya begini loh, saya juga begitu”

Nah untuk 2 gaya di atas bisa dipakai sesuai kondisi yang kamu alami, bisa juga loh 2 gaya di atas di kombinasikan.

Yang paling penting materi dan energinya sampai ke pendengarnya.

Ketika kamu berbicara dengan durasi 5-10 menit mungkin tidak akan terlalu menguras tenaga, tapi ketika durasinya 2-3 jam maka kamu perlu tenaga ekstra.
#Ini dia tipsnya

1. Istirahat yang cukup

Pastikan sehari sebelum presentasi, kamu telah mempunyai stamina yang prima dan cukup istirahat, jangan sampai saat berbicara nanti suara kamu habis.

2. Shalat hajat 2 rakaat

Minta pada Allah yang maha membolak balikan hati, agar materi yang kamu sampaikan bermanfaat, bisa diterima dan membawa energi perubahan bagi pendengar.

3. Perbanyak baca do’a Nabi Musa ketika menghadapi firaun.

“Robbis rahli shadrii wayasirlii amrii wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii”

Artinya: “Ya Rabbku, lapakanlah dadaku untuku dan mudahkanlah untuku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” [QS Thoha : 25-28]

4. Persiapkan materi dengan matang.

Jika ada 100 slide, maka kamu harus menguasai semua slide itu. plus-plus. Maksudnya apa? ++ disini untuk pertanyaan dari pendengar.

Baca Juga:  Cara Membuat Desain Kaos Sederhana Dengan CorelDraw

5. Bedakan materi kertas dan materi bentuk slide

Jangan hanya copas dengan tulisan di slide kecil-kecil dan bikin puyeng. Tulis hanya point-pointnya saja, disertai foto atau gambar yang menarik.

6. Anggap para pendengar itu kawanmu

Meskipun kamu tidak kenal mereka tapi anggap mereka itu kawan kamu, tatap mereka per blok, kanan kiri. dengan tatapan itu menunjukan kamu peduli kepada mereka.

7. Santai saja gak usah grogi

Dalam sebuah presentasi sikap tenang sangat diperlukan, gak usah tergesa-gesa dan gak usah terlalu kaku. Pastikan kamu rileks dan bisa menguasai panggung.

Itulah tadi 7 tips menjadi pembicara di depan umum. Kira-kira apalagi tips menurut kamu?