muzhof.com | Mungkin bagi mereka yang berkecimpung di dunia desain sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Coreldraw. Aplikasi berbasis vektor ini digunakan oleh banyak jasa percetakan dan desain grafis. Aplikasi berbasis vector ini sangat populer. Anda bisa membuat desain berbasis seperti membuat logo dan keperluan percetakan lain seperti spanduk, cover buku, kartu undangan, dll.

Selain aplikasi coreldraw, aplikasi berbasis vector yang populer lainnya adalah Adobe Illustrator. Aplikasi yang biasa dikenal AI ini tentu sudah tidak diragukan lagi hasilnya. Aplikasi ini banyak digunakan untuk desain logo.

File yang dihasilkan coreldraw biasanya bereksistensi .cdr, Nah, file ini tidak bisa dibuka di AI. ataupun sebaliknya. File .ai tidak bisa dibuka di Coreldraw. Lalu bagaimana caranya agar bisa dibuka dan diedit?

Tenang.

Saya akan kasih tahu caranya.

1. Convert file .cdr ke eksistensi lain secara Online

Misalnya kamu mau mengubah file .cdr ke .ai atau ke .pdf bahkan ke format yang lain dengan mudah tinggal kamu kunjungi web zamzar.

Melalui website tersebut kamu tinggal upload aja file .cdr mu dan pilih format apa yang kamu inginkan. Gampang banget kan?

2. Melihat file .cdr secara online

Untuk melihat isi file .cdr secara online, kamu tinggal kunjungi aja web fviewer. Sama sepeti website diatas kamu tinggal upload aja file .cdr kamu, lalu kamu akan bisa melihat isinya.

Satu hal yang harus kamu ketahui, di website tersebut kamu hanya bisa melihat, memperbesar, memperkecil dan menggeser object.

3. Menggunakan aplikasi Inkscape

Inkscape adalah aplikasi berbasis vector yang freeware. Aplikasi gratis ini sangat ringan tidak seperti Adobe Illustrator dan Coreldraw yang berukuran besar. Setidaknya aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk membuka file .cdr, .ai dan file berbasis vector lainnya.

Baca Juga:  Tutorial Dasar Coreldraw Untuk Pemula

inkscape - muzhof

Untuk tampilannya seperti gambar diatas. Saya membuka file .cdr menggunakan aplikasi inkscape.

Untuk mendapatkan aplikasinya kamu tinggal download aja di website resminya.

Bagaimana teman-teman? Mudah bukan?

Mungkin sekian tips desain yang bisa saya bagikan saat ini. Kalo sekiranya bermanfaat, boleh kok kamu share.

Salam berbagi

 

Mudzoffar Hasan