Powerpoint merupakan aplikasi yang sangat multifungsi. Selain bisa digunakan untuk membuat presentasi, powerpoint juga bisa digunakan untuk mengolah sebuah video lho. Tentu tidak sehebat Adobe Premiere Pro atau After Effect dan sejenisnya. Tapi, Kalau hanya sekedar edit sederhana, powerpoint juga bisa. Bagaimanakan caranya? Yuk baca tulisan ini sampai selesai.

1. ATUR UKURAN VIDEO YANG AKAN DIBUAT

Untuk membuat sebuah video yang akan diupload ke YouTube dan ke media sosial seperti instagram tentunya akan berbeda ukurannya.

Biasanya untuk ukuran video yang akan diupload ke YouTube saya menggunakan ukuran 16 : 9 atau yang biasa disebut widescreen. Sedangkan untuk video yang akan diupload ke IG saya lebih suka memilih ukuran kotak.

Untuk mengaturnya Anda tinggal klik menu Design > Slide Size. Untuk tutorial ini saya ingin membuat video untuk upload id Instagram dengan ukuran 30 cm x 30 cm.

Bagaimana cara mengaturnya? Silahkan kamu ke menu Design > Side Size > Custom Side Size. Lalu tinggal diatur ukuran width dan Height nya menjadi 30 cm. Jika memang Powerpointmu belum diatur ke cm atau masih menggunakan pixel maka kamu tinggal isi saja 1000 px.

2. MEMBUAT FRAME VIDEO

Frame yang saya maksud disini adalah variasi yang akan Anda berikan untuk videomu. Seperti frame untuk teks atau logo channel-mu.

Misalnya saya disini memberi logo di pojok kanan atas dan memberi 2 kotak untuk teks di bagian bawah video. Silahkan lihat digambar.

Untuk memasukan logo channel Anda klik Insert > Picture. Lalu pilih logo anda setelah itu atur ukuran sesuai keinginan. Lalu untuk membuat kotak Anda klik Insert > Shapes, tinggal pilih bentuk kotak dan atur ukuran dan warnanya. Disini saya membuat 2 kotak, abu-abu dan merah. Anda juga bisa mengatur warna dan tambahan shadow agar terlihat lebih keren.

Baca Juga:  Cara Membuat Desain Kaos Sederhana Dengan CorelDraw

 

3. MASUKAN VIDEO KE POWERPOINT

Setelah frame yang kamu buat dirasa cukup, tahap selanjutnya adalah memasukan video. Untuk memasukan video silahkan Anda klik Insert > Video > Video on My PC. Lalu Anda pilih video.

Sebelum Anda melakukan edit video di powerpoint sebaiknya Anda siapkan video Anda terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan dari YouTube atau video rekaman sendiri.

Yang perlu anda pastikan adalah video untuk IG itu durasi maksimal 1 menit. Disini Anda harus membatasi durasinya. Tapi berbeda jika untuk keperluan lain maka durasi bisa Anda sesuaikan sendiri.

 

4. MENGATUR VIDEO

Atur video Anda dengan memastikan posisinya di tengah dan berada dibelakang object frame dan logo chanel Anda. Caranya klik kanan pada video > Send to back > send to back. Maka logo dan frame Anda akan berada diatas video. Selanjutnya Anda bisa menambahkan teks pada  kotak yang tadi dibuat. Untuk memberi teks tinggal klik insert > Text Box. Lalu Anda tinggal tulis deh apa sesuai  keinginan Anda.  Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Bagaimana sob. cukup mudah bukan? Sekarang tinggal praktek. hehehe

Tahap terakhir tinggal anda export menjadi video. Bagaimana cara export menjadi video di powerpoint? Nantikan tutorial saya berikutnya. Oh iya, setelah videonya di export Anda tinggal upload ke Instagram. Hasil jadinya seperti ini

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat

Baca Juga:  9 Rahasia Jago Jualan di Instagram

Salam berbagi,

Mudzoffar Hasan