muzhof.com – Tahu gak sih kalo Allah telah mengkaruniakan berbagai potensi yang berbeda-beda kepada hamba-Nya. Berbagai macam potensi ini yang membuat hidup ini rame. Coba bayangin aja kalo semua orang sama kemampuannya, keterampilannya dan keilmuannya. pasti hidup ini polos. Gak seru.

Bayangin aja kalo semua orang jadi tukang ojke. Lha, nanti tukang ojek jadi apa?

Ya jadi banyak lah. Hehe

Terkadang sih kita melihat banyak orang yang berprofesi sama dengan kita akan menambah persaingan, mengurangi jatah rezeki kita dan mempersempit ruang kita bergerak. Bener gak?

Tapi, kalo anda pikir kembali ternyata pemikiran itu gak bener.

Bukankah setiap orang itu tercipta dengan unik, gak ada yang sama meski kembar identik.

Bukankah rezeki sudah ada bagiannya masing-masing?

Bukankah tugas kita hanya berproses ikhtiar dan berdo’a sedangkan masalah hasil kita tawakkal saja sama yang Maha Kuasa?

Jika semua hal itu benar, maka Anda sepakat bahwa semua potensi yang Allah berikan kepada kita harus benar-benar kita maksimalkan. Iya gak?

Karena, siapapun kita, kita punya peran di muka bumi ini. Dan hal itu merupakan bukti kalo kita bersyukur.

Nah, salah satu cara menjalankan peran itu adalah kita tau potensi apa yang ada dalam diri kita.

Ada tiga golongan orang terhadap potensi dirinya:

  1. Orang yang tahu dirinya berpotensi
  2. Orang yang gak tau kalo dirinya berpotensi
  3. Orang yang gak tau kalo dirinya gak berpotensi

Lalu, apa aja hoby yang bisa menghasilkan uang di trend digital seperti saat sekarang ini?

Menulis

Hoby menulis sangat memiliki potensi besar dalam menghasilkan uang. Menjadi seorang penulis gak melulu harus nulis buku, anda bisa memulai membuat blog. Bahkan sekarang jasa penulisan memiliki lahan yang luas juga. Anda bisa membuka jasa menulis artikel SEO, mengelola fanspage facebook, menjadi kontributor penulis berita dan membuka kursus menulis online. Wah, hal itu memang tidak instan, perlu proses yang lama untuk mengasah kemampuan profesional menulis Anda. Tetapi, kalo orang-orang sudah ketagihan dengan tulisan Anda, maka kepingan rupiah dan dolar bakal ngantri masuk ke rekening Anda.

Baca Juga:  Ternyata Promosi dengan Cerita itu Efektif

Desain Grafis

Semakin banyaknya toko online dan jualan di sosmed, kehadiran desainer grafis juga banyak diburu. Harga desain pun bisa dibilang fantastis. Anda bisa menjadi desainer freelance atau mengikuti kompetisi desain di 99design.com, bahkan Anda bisa menjual produk seperti kaos, kanvas dan digital printing lainnya hanya bermodalkan desain Anda. Enak banget kan?

Main Game

Main game juga bisa menghasilkan uang. Sudah banyak sekali gamer yang bisa meghasilkan uang hanya dari bermain game. Tidak hanya dari kompetisi, tapi bisa juga mendapatkan uang dari menjual akun game. Harganya pun bervariasi, tergantung game dan levelnya.

Fotografi dan videografi

Hoby yang satu ini juga sangat berpotensi menghasilkan, Anda pasti sudah tau dari mana penghasilan terbesar hoby ini? Ya benar. Sumber penghasilan bisa didapatkan dengan jalan menjadi selebgram atau youtuber. Bukan hanya dari iklan adsense youtube, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari paid promote dan endorse produk.

Sebenernya masih banyak lagi hoby yang bisa menjadi duit, sekarang tinggal bagaimana kita memaksimalkan potensi yang kita miliki.

Demikian sharing saya kali ini tentang hoby yang bisa menghasilkan uang.

Semoga bermanfaat.

Salam berbagi,

 

Mudzoffar Hasan