Memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu syarat paling penting yang harus dimiliki oleh seorang bembisnis. Kenapa dikatakan paling penting, karena dengan komunikasi yang baik akan terjalin hubungan yang baik pula. Kalau hubungan sudah baik maka penghasilan atau keuntungan pun biasanya tidak akan mengecewakan, bahkan akan diatas rata-rata.

Gak percaya?

Mari kita jelaskan, baca sampai tuntas ya.

Sejatinya kita ini adalah mahluk social yang akan sellau berhubungan antara satu dengan yang lainya. Terlebih dalam dunia bisnis, seorang pembisnis sudah menjadi satu paketan bahwa ia akan dilibatkan dengan banyak orang.

Dengan menjadi seorang pembisnis berarti kita sudah memposisikan diri kita sebagai seorang pemimpin. Mengapa demikian ? karena kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab penuh atas perusahaan atau bisnis yang sedang kita jalankan.

Menjadi seorang pemimpin tentunya bukanlah perkara yang mudah. Karena setiap hal yang kita lakukan akan dinilai dan dicontoh oleh bawahan kita. Oleh karenanya sebagai pemimpin kita dituntut untuk bisa bersikap yang baik-baik saja.

Tapi kembali lagi kepada kodrat kita sebagai manusia biasa yang tak pernah luput dari dosa dan salah, tentunya seorang pemimpin pun tidak ada selalu benar  mungkin sesekali melakukan salah dan hal itu harus kita jadikan evaluasi agar kedepanya tidak pernah terulang lagi.

Komunikasi adalah salah satu sikap yang terlihat setiap harinya. Dalam berkomunikasi tentunya ada cara-cara khusus yang bisa kita gunakan supaya komunikasi kita bisa terjalin dengan baik.

  1. Gaya bicara yang efektif

Dalam berbicara kita tidak perlu bercerita hal-hal yang bikin orang ngantuk, langsung bicarakan poin inti yang ingin kita sampaikan. Sampaikan dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh lawan bicara kita, pilih kata yang sekiranya pas dan tepat. Karena lawan hanya akan menangkap setiap point inti saja, dengan penyampaian yang efektif maka dapat mempengaruhi pikiran si lawan bicara kita.

Baca Juga:  Media Belajar Komputer Kita

Image result for efektif

Sumber Gambar : wordPress.com

  1. Intonasi Suara

Ketika seseorang sedang berbicara terkadang lupa akan intonasi suaranya, kita harus bisa mengatur dan bisa mengatur intonasi suara yang kita bawakan. Sangat dibolehkan kalau kita berbicara dengan senatural mungkin, atau bisa dengan mengkolaborasikan antara suara dengan gerakan-gerakan tubuh kita. Kalau dirasa perlu adanya penekanan saat berbicara, lakukanlah. Dengan begitu lawan bisa mengerti apa yang kita maksudkan. Dengan catatan sesuaikan dengan kondisi saat pembicaraan itu dilakukan, kalau dirasa lawan kita tidak senang dengan kegaduhan atau berisik maka hindari untuk penggunaan nada tinggi.

Related image

Sumber Gambar : fr.freepik.com

  1. Kontak Mata

Kontak mata adalah cara komunikasi paling efektif dilakukan. Mengapa demikian ? Karena ketika kita melakukan sebuah komunikasi entah posisis kita saat itu sebagai pembicara ataupun sebagai pendengar, dengan menatap mata orang yang menjadi lawan bicara kita maka interaksinya akan menjadi lebih berhasil. Kontak mata menunjukan rasa ketertarikan kita kepada apa yang ia bicarakan ataupun memberikan keyakinan atas apa yang kita sampaikan.

Image result for kontak mata

Sumber Gambar : hooperswar.com

  1. Bahasa Tubuh

Salah satu cara terjalinya komunikasi yang baik adalah dengan melibatkan bahasa tubuh kita saat berbicara. Teknik ini dikenal juga dengan teknik “mirroring” yaitu dimana kita bisa menyamakan gerakan tubuh dengan lawan bicara kita. Hal ini dilakukan supaya si lawan bicara merasa nyaman saat berbicara dengan kita. Tetapi tetap saja bukan berarti setiap gerakan lawan kita ikuti ya, hanya dititik-titik tertentu saja. Misal ketika diawal komunikasi mungkin masih duduk formal, kemudia dengan lamanya bicara si lawan mengubah posisi duduk dengan sedikit santai dan hal ini bisa kita lakukan pula.

Related image

Sumber Gambar :kinibisa

  1. Komunikasi dua arah
Baca Juga:  Engkau

Ketika kita melakukan sebuah komunikasi lakukan secara hidup dalam artian ada respon timbal balik dari lawan bicara kita. Misalkan dengan menanyakan sebuah pertanyaan, menanyakan saran dan masukan. Lakukan sesuatu yang sekiranya lawan bicara bisa terbawa ke dalam komunikasi yang sedang kita lakukan. Dengan adanya komunikasi dua arah seperti ini maka dengan sendirinya akan timbul rasa nyaman satu sama lain, dan terjalin keakraban hubungan. Tentunya hubungan ini untuk kepentingan bersama dalam mencapai tujuan yang sama pula.

Related image

Sumber Gambar : vsluh.ru

Itulah tips-tips yang bisa dipraktekan saat berkomunikasi, mudah-mudah dengan adanya komunikasi yang baik maka akan menciptakan keakekraban hubungan. Setelah hubungan akrab kita bisa berbisnis dengan nyaman, dengan aman dan tentunya laba yang didapat pun akan maksimal.https://www.muzhof.com/hubungan-akrab-omset-meningkat/

Dengan keakraban tentunya ada komunikasi yang baik didalamnya, semua hal bisa dibicarakan secara terbuka. Tiap induvidu tahu apa yang menjadi hak dan kewajibanya, sebagai atasan bisa memberikan perintah dan juga menyampaikan visinya. Pekerja dan partne pun merasa puas, dengan begitu bisnis yang dijalani akan berkembang pesat sesuai harapan semuanya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam

-MuzhoffarHasan