Menjadi seorang pengusaha itu pilihan. Karena hanya sebagian saja dari kita yang mau dan mampu  jadi pengusaha. Sebagian orang mungkin memilih untuk tetap megabdikan dirinya pada perusahaan, yang tinggal absen dan duduk depan komputer lalu setiap bulan terima upah atau gaji atas pekerjaanya.

Jadi karyawan itu yang penting hadir, itu salah satu tuntutan wajibnya.  Masalah kerja itu sudah ada SOP nya sendiri. Kita akan terlatih dan pintar mengoprasikan pekerjaan kita karena hal itu diulang-ulang setiap harinya.  Masalah benar atau enggaknya gak akan ngaruh ke gaji yang kita terima nantinya. Nyaman bukan?

Silahkan anda jawab sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Berbeda dengan pengusaha, ketika seseorang memutuskan untuk membuka usaha banyak hal yang dipikirkan. Mulai dari tanggapan keluarga, modal, bisnis yang akan dijalani, sistem yang akan diterpakan, cara kerjanya dan lain sebagainya. Oleh karenya hanya sebagian kecil saja dari mereka yang berani memulai bisnisnya sejak dini.

Oleh karenanya seorang pengusaha yang sukses tak hanya membutuhkan kerja keras semata. Namun seorang pengusaha dituntut pintar dan pandai memanfaatkan berbagai kesempatan atau situasi.

Sukses membangun sebuah bisnis memang merupakan harapan semua orang. Namun dalam mencapai kesuksesan tersebut, hanya orang-orang yang berjiwa entrepreneur sejati saja yang mampu meraihnya. Salah satu tantanganya mungkin disini, kalau pegawai kantoran mereka gak akan hawatir sama pendapatan. Karena setiap bulan ditanggal tertentu mereka akan dapet uang.

Sedangkan pengusaha baru dapat uang kalau bisnis yang dijalaninya lancar, untuk pedagang contohnya mereka baru mendapatkan uang kalau daganganya laku terjual. Kalau enggak, ya pintar-pintar puterin uang yang ada supaya bisa bertahan.

Lagi-lagi itulah karenanya mengapa pengusaha dituntut untuk pintar. Kita belajar terus setiap harinya, karena yang kita pikirkan bukan hanya tentang makan untuk perut kita dan keluarga kita. Melainkan memikirkan hidup banyak orang agar bisa hidup dengan aman tanpa kekurangan financial.

Baca Juga:  Pengen Nambah Penghasilan? 9 Bisnis Modal Dengkul yang Perlu Anda Coba

Apa sebenarnya yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha agar bisnis yang dijalaninya bisa sukses?.
Mungkin beberapa point dibawah ini bisa membantu.

  • Berani mencoba dan tidak takut gagal

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko dalam mengambil keputusan bisnis. Jangan pernah takut akan kegagalan. Bisnis bukan hanya sebuah rencana, namun memerlukan kerja nyata.

  • Tim Yang Solid

Pastikan kita memiliki sebuah tim kerja yang solid dan loyal pada pekerjaan mereka. Harus ada keterikatan antar tim, juga dengan bisnis yang dijalankan, sehingga semua bisa berjalan dengan mudah dan menyenangkan. Jangan menganggap mereka sebagai pekerja tapi anggap saja mereka sebagai teman.

  • Terus berinovasi

Sebagai seorang pengusaha kita harus bisa berpikir kreatif dan dapat berinovasi mengikuti perkembangan yang ada, dengan begitu bisnis yang kita jalani tidak akan tertinggal oleh perkembangan jaman.

  • Jeli melihat peluang

Kita juga harus pandai dalam menentukan pasar dan melihat peluang bisnis yang mungkin akan berkembang, ini akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang kita jalankan.

  • Miliki konsep dan target yang jelas

Kita perlu membuat beberapa konsep, dengan begitu kita akan tahu target pasar siapa. Sehingga segmen pasarnya jelas bukan hanya mencoba-coba tanpa analisa sebelumnya.

  • Relasi dan partner yang kuat

Di dalam menjalankan bisnis, kita juga dituntut untuk memiliki relasi dan juga partner yang bisa mendukung perkembangan bisnis tersebut.

  • Cepat belajar dan beradaptasi

Saat sedang menjalankan suatu bisnis mungkin kita akan menemukan banyak masalah, mulai yang kecil hingga yang tersulit sekalipun. Maka siapkan mental untuk hal-hal tersebut,  mungkin kita akan kaget dengan beragam kondisi yang akan ditemui nanti, biasakan untuk cepat beradaptasi bahkan pada kondisi-kondisi tersulit sekalipun.

  • Tidak Mudah Merasa Puas
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Benefit Headline yang Menjual

Jangan pernah cepat merasa puas karena itu artinya bisnis tersebut telah berakhir dan tidak akan berkembang lagi ke depannya. Perbaiki berbagai hal di dalam bisnis, perluas jaringan, dan mulai dengan hal-hal baru yang masih bisa dikembangkan di masa yang akan datang.

Meskipun kita sebagai pengusaha itu dituntut pintar, tapi bukan berarti  kita merasa paling pintar. Buang jauh-jauh apabila ada pikiran seperi itu. Kita harus pintar agar kita tahu bagaimana caranya menjadi pengusaha yang sebenar-benarnya pengusaha.

Agar kita tahu apa itu kerja keras bukan hanya bisa memerintah. Orang pintar tidak akan cepat merasa puas dengan apa yang didapatkan, oleh karenanya ia selalu berpikir untuk bisa lebih dari ini dengan terus belajar. Karena pada prinsipnya kita dituntut untuk terus belajar dan belajar setiap waktunya.

Semoga kita bisa menjadi pengusaha yang selalu mau belajar dan belajar meskipun ilmu itu sudah kita dengarkan seribu kali. Dan yang tak kalah penting lagi yaitu kita mau berbagi dengan orang disekitar. Semoga bermanfaat.

 

Salam Berbagi

Mudzoffar Hasan