Membuat sesuatu yang besar dan menarik perhatian orang banyak itu bukan sesuatu yang mudah, perlu usaha ekstra pastinya. Tapi siapa sangka dengan melakukan hal kecil kita bisa mendatangkan atau malah menghilangkan sesuatu yang besar.

Ribet ya maksudnya apa, yuk kita simak

Untuk mendapatkan uang yang nilainya besar katakanlah Rp 10 milyar dalam satu minggu apakah mudah?.

Saya yakin kebanyakan orang akan menjawab :

“uang dari mana sebanyak itu”

“mustahil bisa dapetin uang sebanyak itu dalam waktu seminggu”

“kerja apa yang bisa ngasilin uang segitu banyanyaknya”

Atau bahkan mungkin ada yang beranggapan seperti ini:

“kepikiran punya uang sebanyak itu aja engga”

Oke temen-temen kalau kita lihat dari nilai dan waktunya, mungkin memang imposible, mustahil bisa dapetin, gimana caranya coba. Saya pun sedang memikirkan gimana caranya. 😊

Tapi sekali lagi banyak sekali pepatah yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Apapapun bisa saja terjadi kalau tuhan sudah berkehendak. Asal ada kemauan, usaha maksimal dan tentunya keyakinan akan pencapaian.

Baru-baru ini tepatnya kemarin malam ada sejumlah artis tanah air yang melakukan konser suka rela. Konsep dari konser itu sendiri adalah melakukan penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Tahukah teman-teman, konser yang hanya dilakukan oleh sebagian artis dan hanya dilakukan selama 10 jam saja mampu mengumpulkan dana sebesar 11 Milyar.

“waaw”

11 Milyar dalam waktu 10 jam, luar biasa kan teman-teman. Itu bukan jumlah yang sedikit, dengan dana tersebut pasti akan sangat membantu mereka para korban bencana. Selain untuk bahan makanan dan minuman, mungkin saja dengan dana itu bisa membangunkan beberapa tempat tinggal sederhana untuk mereka. Luar biasa sekali bukan, hal itu perlu kita apresiasi.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Waktu

Untuk artis konser adalah hal yang biasa mereka lakukan, bukan sesuatu yang besar kalau mereka harus konser, itu adalah pekerjaan mereka. Tapi ternyata dengan hal yang mereka anggap kecil atau bukan apa-apa itu besar menghasilkan sesuatu yang besar dan berdampak yang luar biasa untuk orang banyak.

Hal ini bisa kita ambil pelajaran teman-teman, sesuatu yang selalu kita anggap susah, sesuatu yang selalu kita anggap besar dan tidak mungkin bisa mewujudkanya. Mungkin bisa kita dapatkan dengan hal-hal kecil yang kita lakukan.

Sesuatu yang bukan apa-apa buat kita bisa jadi itu adalah hal berharga buat sebagian orang diluaran sana. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi atas sesuatu yang kita lakukan, satu hal yang harus selalu kita ingat bahwa kebaikan yang kita lakukan akan mendatangkan kebaikan yang lainya. Hal ini jelas dan Allah sampaikan pula lewat ayat sucinya :

“Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (Q.s. Ali ‘Imran: 148).

“Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh yang baik. Dan sesung­guh­nya kampung akhirat itu lebih baik, dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa.” (Q.s. an-Nahl: 30).

Mari teman-teman lakukanlah kebaikan apapun, sekecil apapun kita mulai dari diri sendiri. Mudah-mudahan kebaikan kecil yang kita lakukan berdampak besar untuk kebaikan yang lainya. Untuk mendapatkan uang ataupun keuntungan besar tidak hanya dari lakunya sekian produk saja, yang terpenting adalah usaha kita maksimalkan, doa kuatkan dan tawakalnya luas kan.

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang Allah bahagiakan di dunia dan Akhirat kelak. Amin

Baca Juga:  Mudah Berpaling

https://www.muzhof.com/komunikasi-baik-omset-naik

Semoga bermanfaat.

 

Salam.

-MuzhofarHassan